Hukum

Selasa, 4 Juni 2019 - 23:15 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Perbedaan Pendapat, Polres Bogor: Pelat Nomor dan STNK Mobil Yang Dibawa Kevin Palsu. Mabes Polri: Asli

Polres Bogor mengungkapkan mobil Fortuner berpelat Polri 3553-07 dan STNK dinas yang dibawa Kevin Kosasih saat ditilang di Puncak, Bogor, adalah palsu. Namun hal berbeda disampaikan Mabes Polri.

riaulebihbaik.com – Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo memastikan pelat Polri bernomor 3553-07 dan STNK yang dibawa Kevin Kosasih adalah asli. Menurut Dedi, nomor kendaraannya dikeluarkan oleh staf logistik (slog) Polri untuk keperluan pengamanan dan pengawalan (Pamwal) terbatas.

“Ya (asli), dikeluarkan oleh staf logistik. Peruntukannya pamwal terbatas,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Selasa (4/6), seperti yang dilansir kumparan.com.

Namun, Dedi menyebut Kevin tidak dikenakan sanksi pidana dan hanya melakukan pelanggaran lalu lintas. Sementara pelanggaran yang dilakukan Kevin telah ditindak oleh anggota Polres Bogor dengan pasal lalu lintas.

“Pengemudinya mengemudikan kendaraan yang dapat membahayakan orang lain. Maka dilakukan penindakan oleh Polantas Polres Bogor,” kata Dedi.

Meski begitu, polisi juga telah menyita surat-surat milik Kevin. Dedi menuturkan saat ini polisi masih menyelidiki bagaimana pelat kendaraan dinas Polri bisa digunakan oleh oknum sipil seperti Kevin.

Kevin Kosasih (24) sebelumnya ditidak oleh jajaran Polres Bogor karena dilaporkan melaju secara ugal-ugalan di jalanan menuju Puncak, Bogor, pada Sabtu (1/6).

Akan tetapi, berdasarkan keterangan dari Kasatlantas Polres Bogor AKP M Fadli, kendaraan yang dikemudikan Kevin menggunakan pelat nomor palsu alias bodong. Menurutnya, Kevin mengaku membuat pelat itu di pinggir jalan.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan awal karena pada saat penghentian kita juga mengamankan pengendara saudara KK (Kevin Kosasih). Jadi menurut pengakuannya dari mana mendapatkannya yang bersangkutan membuatnya di pinggir jalan” ujar Fadli, Senin (3/6).

Saat polisi meminta surat-suratnya, Kevin memberikan SIM dan STNK Dinas bernomor 00941 atas nama Markas Besar Kepolisian Negara Kesatuan Republik Indonesia Staf Logistik (Slog), dengan masa berlaku 20 Maret 2019 hingga 19 Maret 2020.

Artikel ini telah dibaca 618 kali

Baca Lainnya