Hukum Internasional News

Kamis, 30 Mei 2019 - 19:44 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Perbedaan Pemilu dan Referendum Dilihat Dari Sisi Perspektif Divisi Humas Polri

Referendum merupakan salah satu bentuk demokrasi dalam sebuah negara. Referendum merupakan pemberian hak kepada rakyat, untuk memilih solusi dalam penyelesaian sebuah perkara domestik.

riaulebihbaik.com – Perbedaan Referendum dengan Pemilihan Umum adalah :

Pemilihan umum secara umum bertujuan untuk memilih perwakilan rakyat (Dewan Perwakilan Rakyat, Presiden), sedangkan dalam referendum, memungut suara demi mencari solusi yang diinginkan oleh rakyat dalam penyelesaian sebuah permasalahan.

Rakyat diberikan pilihan ‘iya’ atau ‘tidak’ mengenai sebuah proposal, yang nantinya akan menentukan kebijakan apa yang rakyat merasa butuh untuk dilaksanakan oleh negara yang bersangkutan. Persyaratan yang dibutuhkan agar bisa memilih dalam sebuah referendum itu sama dengan persyaratan yang diaplikasikan dalam pemilihan umum. Diantaranya, merupakan warga negara tempat referendum berlangsung, serta berumur minimal 18 tahun (umur relatif pada negara yang menjadi obyek).

Hak untuk melaksanakan sebuah referendum telah diakui oleh hukum internasional, seperti kasus https://internasional.kompas.com/read/2014/03/17/1608550/Putin.Referendum.Crimea.Sesuai.Hukum.Internasional. Dimana hak melaksanakan referendum merupakan bagian dari kedaulatan negara. Sebuah negara yang belum merdeka juga punya hak untuk mengadakan referendum. Referendum berkaitan dengan hak partisipasi politik rakyat alam menentukan arah kebijakan dimasa yang akan datang.

Demokrasi mengutamakan suara rakyat, sehingga sangat penting sebuah negara melaksanakan referendum berkaitan dengan permasalahan penting yang harus mendapatkan solusi. Berkurangnya kepercayaan masyarakat akan sebuah pemerintahan biasanya dilatar belakangi oleh kesalahan pemerintah dalam menyikapi sebuah kasus domestik yang sedang di alami negara tersebut, sehingga menjadi salah satu alasan satu negara mengadakan referendum. Mekanisme referendum cukup efektif dalam menyuarakan aspirasi rakyat yang sesungguhnya, sebab pemilihan ini akan langsung diberikan oleh rakyat tanpa melalui mekanisme perwakilan.

Sumber : https://web.facebook.com/DivHumasPolri/posts/865275923501265

Artikel ini telah dibaca 3806 kali

Baca Lainnya