News Otomotif

Kamis, 9 Mei 2019 - 11:58 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Mercedes-Benz O 6600 H, Bus Pertama Mercedes Benz Yang Bermesin Belakang Di Dunia

Mercedes-Benz OH series, pastinya banyak yang pernah menaikinya. Sejarah awal mula transportasi massal Mercedes Benz ini begitu panjang.

PEKANBARU – Semua bermula dari bus yang dibangun secara sederhana, hingga pada akhirnya memiliki beraneka macam kecanggihan teknologi.

Mercedes O (Omnibus) 6600 H, adalah pelopor bus dengan mesin belakang buatan Mercedes, sekilas tampilannya mengingatkan pada Volkswagen Combi / Camper. Inilah cikal bakal dari Bus bermesin belakang, yang kini tidak hanya Mercedes saja yang menggunakan konfigurasi tersebut. Hino, Scania, Volvo, Nissan, Mitsubishi, Tata, Daewoo dan masih banyak merk lain lagi, juga menggunakan konfigurasi mesin belakang tersebut di era sekarang.

Faktor terbesar adalah memaksimalkan space yang ada dan membuat bus terasa lebih nyaman, karena penempatan mesin dibelakang ini membuat suara mesin tidak terlalu terdengar seantero kabin seperti yang dirasakan pada Bus bermesin depan.

O 6600 H ini juga termasuk bus pertama Mercedes Benz yang mengandalkan Transmisi Automatic,  sekitar tahun 1951 silam. Mesinnya pun bertenaga, power sebesar 107 kW (145 PS) mampu diproduksi dari mesin berkapasitas 8276 cc. Untuk top speednya mampu menembus 40 mph atau bila dikonversikan bisa mencapai 80 km/h. Hal ini nyaris sama dengan top speed OH 1836 yang kena limitasi di 100 km/h. Kapasitas tangki mampu menampung sebanyak 190 liter bbm, konsumsi bbmnya sendiri mencatat 21,6 liter /100 km, cukup besar untuk bus bertransmisi matic berkapasitas besar dengan teknologi di masanya.

Kapasitas penumpang bervariasi dengan panjang keseluruhan bus 11 meter. Sanggup membawa hingga 57 seat, apabila dibuat konfigurasi full beserta penumpang berdiri ala bus bumel, maka sanggup membawa 71 orang. Bobot maksimal yang diizinkan mampu mengangkut hingga 13.800 kg. Hingga saat ini Mercedes Benz tetap menjadi nomor 1 dalam penjualan bus di seluruh dunia. (riaulebihbaik.com)

Artikel ini telah dibaca 247 kali

Baca Lainnya