News

Sabtu, 4 Mei 2019 - 13:17 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Cukup Sudah Menjadikan Agama Sebagai Bahan Komedian

Akhir-akhir ini artis Andre Taulany menjadi perbincangan hangat di media sosial, karena beredar video rekaman talk show yang memperlihatkan dirinya memperolok-olok Nabi Muhammad SAW. Hal ini terjadi tak lama setelah istrinya, Rienwartia Trygina dilaporkan ke Kepolisian karena dituduh menghina capres Prabowo Subianto melalui postingan Instagram. 

PEKANBARU – Dalam video yang viral tersebut terlihat bintang tamu penyanyi Firza menceritakan pengalamannya membaca kisah Nabi Muhammad, yang disebutkan aroma badannya wangi seperti seribu bunga. Andre lantas menimpali dan mengatakan, “Seribu bunga? Itu badan atau kebun?”

“Terlepas dari apapun niat dan maksud kelakar yang dilontarkan Andre Taulany tersebut, banyak masyarakat yang marah dan menganggap Andre sudah menghina Nabi Muhammad. Tidak sepantasnya Andre menganalogikan tubuh junjungan umat Islam layaknya kebun bunga. Apalagi, bukan sekali ini saja Andre menggunakan agama sebagai bahan lawakannya”, ujar Nurul Hidayati, salah seorang warga Kota Pekanbaru kepada riaulebihbaik.com, Sabtu 4 Mei 2019.

Sebenarnya sebelum video ini tersebar, sudah ada video lain yang memperlihatkan Andre memperolok ustad Adi Hidayat dan ustad Abdul Somad dengan menggabungkan kedua namanya menjadi AdiSomad. Andre juga menyampaikannya dengan bahasa lawakan.

Sebenarnya bukan hanya Andre Taulany saja yang menggunakan agama sebagai bahan lawakan, yang berujung pada dugaan penghinaan. Beberapa artis dan komedian lain juga pernah diperbincangkan di media sosial karena menggunakan identitas agama Islam sebagai bahan lawakannya, terutama dalam 4 tahun belakangan ini.

“Masih sangat banyak hal-hal lain yang bisa digali, dieksplorasi dan dicari titik kelucuannya. Masih sangat banyak persoalan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa diangkat sisi humornya. Masih sangat banyak hal-hal kecil yang bisa diperbincangkan dengan nada dan gaya kelakar yang bisa membuat penonton tertawa, namun jangan gunakan agama sebagai bahan candaan. Jika memang ingin membahas persoalan agama, bahaslah dengan orang yang tepat, dalam nada yang tepat pula. Sebagai petunjuk hidup dari setiap pemeluknya, ajaran agama tidak dimaksudkan untuk dijadikan bahan lawakan. Ada tanggung jawab dan norma sosial yang menjadi garis pembatas, agar kita tidak keluar melampauinya. Tanggung jawab dan norma sosial tersebut adalah dengan tidak menyinggung Suku, Agama, Ras dan Antar golongan, apapun bentuknya. Masyarakat kita sudah terpolarisasi akibat kontestasi politik tanah air. Jangan semakin memperkeruh dan memperuncing polarisasi tersebut dengan bentuk-bentuk tindakan dan perkataan yang provokatif, yang bisa memicu alarm sensitivitas beberapa pihak. “, sambung Nurul.

Sebagai artis yang acaranya ditonton jutaan orang di Indonesia, apa yang dikatakan Andre memang sangat tidak pantas. Andre Taulany semestinya mengerti tema agama adalah tema yang sensitif. Bila memang tidak menguasai materi, lebih baik berdiam diri, daripada menimpali, tapi ujung-ujungnya malah menjadikan orang-orang marah, karena merasa agamanya dilecehkan.

Sumber : Wawancara Dengan Nurul Hidayati, salah seorang penulis di Kota Pekanbaru, Riau, Indonesia

Artikel ini telah dibaca 108 kali

Baca Lainnya